Rabu, 04 Juli 2018

Manfaat Putih Telur Untuk Masker

Pernah dengar putih telur sebagai masker untuk wajah anda? Pertama kali saya mendengar, rasanya iyeeeuuhh banget..Tapi tapi tapi… ternyata dibalik ke-“iyeeeuuuh”-an saya (dan mungkin anda juga), ternyata putih telur ini banyak sekali manfaatnya. Makanya ngga heran sampai ada step-by-step  “Cara membuat masker alami berbahan dasar putih telur”.

Buat kalian para ladies, saya bagikan info ini untuk anda, yang mau tampil lebih bersinar Sebelumnya, saya ingin membahas dulu, sebenarnya di dalam putih telur itu ada kandungan apa sih? Secara garis besar, inilah kandungan yang paling bermanfaat yang ada dalam putih telur :

1.  Kalium
manfaat dari zat ini yaitu dapat menyegarkan dan melembabkan kulit, sehingga kulit tidak kering.
2. Protein
manfaat dari protein yang terdapat dalam putih telur yaitu untuk pertumbuhan sel kulit baru dan mengganti sel kulit yang rusak, sehingga membuat wajah anda tampak awet muda :)
3. Enzym lysozime
nama zat ini memang sedikit asing di telinga kita, namun jika dilihat manfaatnya, ternyata zat ini dipercaya dapat mempertahankan elastisitas kulit, yang akhirnya dapat membantu mencegah penuaan dini.
4. Riboflavin
zat ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Nah, setelah tau manfaat nya, gimana sih cara membuat masker dari putih telur itu?
Disini saya akan bagi menjadi 4, yaitu untuk kulit normal; kering, berminyak, berjerawat.

1. Untuk kulit normal
untuk kulit normal, selain putih telur, kita akan menambahkan madu sebagai bahan campuran. Kenapa madu? karena madu mempunyai kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Punya kulit normal bukan berarti tidak memerlukan perawatan kulit wajah kan?

Cara membuat : ambil putih telur ayam, campurkan dengan madu secukupnya, dan aduk hingga rata. Setelah itu oleskan secara merata pada wajah. Diamkan hingga mengering dan wajah terasa tertarik. Kurang lebih 15-20 menit. Setelah itu basuhlah wajah dengan menggunakan air hangat. Selain madu, kita juga bisa menggunakan wortel, tomat, dan bengkuang.

2. Untuk kulit kering
Tipikal kulit jenis ini memiliki kekurangan kadar minyak, sehingga dapat menyebabkan kulit wajah nampak kusam dan bahkan mungkin sering gatal. Salah satu bahan alami yang bisa kita gunakan sebagai bahan campuran yaitu buah alpukat.

Cara membuat : ambil lah daging buah alpukat yang sudah matang, hancurkan daging buah tersebut hingga benar-benar halus (kulit tidak perlu dimasukkan). Lalu campurkan dengan putih telur, dan aduk hingga rata. Setelah itu oleskan secara merata pada wajah. Diamkan hingga mengering dan wajah terasa tertarik. Kurang lebih 15-20 menit. Setelah itu basuhlah wajah dengan menggunakan air hangat.

3. Untuk kulit berminyak
Banyak sekali orang yang bermasalah untuk tipe kulit satu ini. Biasanya di daerah sekitar “T” (dahi, hidung) dan dagu muncul banyak minyak. Untuk mengatasinya, diperlukan bahan yang memiliki kandungan magnesium, vit C, dan sebum. Oleh karena itu kita dapat menggunakan buah lemon.

Cara membuat : ambil 3 buah lemon, lalu peras dan saring sari nya (kita akan menggunakan airnya saja). Campurkan putih telur dengan air perasan lemon tersebut. Lalu oleskan pada wajah, dan hindari area sekitar mata dan bibir. Diamkan hingga mengering dan wajah terasa tertarik. Kurang lebih 15-20 menit. Setelah itu basuhlah wajah dengan menggunakan air hangat.

4. Untuk wajah berjerawat
Munculnya jerawat pada wajah disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat serta adanya kotoran dari luar yang kemudian menjadi sarang bakteri. Mentimun merupakan salah satu buat yang mengandung astrigen yang berfungsi sebagai tonik wajah.

Cara membuat : Parut mentimun yang sudah dikupas. Campurkan parutan timun tersebut dengan putih telur hingga rata.  Lalu oleskan pada wajah, dan hindari area sekitar mata dan bibir. Diamkan hingga mengering dan wajah terasa tertarik. Kurang lebih 15-20 menit. Setelah itu basuhlah wajah dengan menggunakan air hangat.

Sekian pembahasan kita kali ini tentang manfaat putih telur sebagai masker wajah.
Semoga bermanfaat!


Disqus Comments